RajaBackLink.com

Tata Cara Pendaftaran ASN Baik CPNS Maupun PPPK 2021 Terbaru

  • Bagikan
Promo Kosmetik Murah di Shopee

Pendaftaran CPNS tahun 2021 akan segera dibuka, kesempatan bagi anda lulusan terbaik SMA, SMK dan perguruan tinggi untuk mendaftarkan diri menjadi untuk menjadi PNS dan ASN. Bagi yang berminat, harap diperhatikan ada fitur terbaru SSCASN, website pendaftaran CPNS 2021.

Kabarnya tahun ini ada sekitar 1.275.387 orang yang akan diseleksi kemudian nantinya akan diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN). Proses pendaftaran CPNS tahun ini akan dilakukan secara online pada tanggal 30 Mei 2021, anda dapat mendaftarkan diri anda melalui portal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN). Lalu apa saja fitur terbaru SSCASN?

Website ini dibuat dengan tujuan sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi calon ASN yang nantinya akan disalurkan ke seluruh instansi yang ada di Indonesia, baik di Pusat ataupun di daerah.

Fitur Terbaru SSCASN

Kabarnya baru-baru ini website resmi pendaftaran CPNS telah dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru, berikut adalah fitur baru yang ada pada website sscasn.bkn.go.id.:

Sebelumnya, pendaftaran untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dipastikan akan dimulai pada Mei hingga Juni 2021. Proses pendaftaran akan dimulai pada 31 Mei hingga 21 Juni 2021.

“Tanggal itu betul (periode pendaftaran CPNS dan PPPK), karena memang sebagai informasi awal agar rekan-rekan di daerah bisa terinfo untuk antisipasi,” kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN RB, Andi Rahadian, kepada Liputan6.com pada Selasa (11/5/2021).

Kendati demikian, katanya, ada kemungkinan tanggal tersebut akan berubah nantinya. Kepastian mengenai pendaftaran CPNS dan PPPK akan disampaikan secara resmi setelah Idul Fitri 2021.

“Memang tanggal ini sifatnya tentatif. Jadi sebagai informasi awal. Kami rencana akan infokan lebih lanjut setelah libur Idul Fitri ini,” jelasnya.

Sementara proses pendaftaran dijadwalkan selama periode Mei – Juni 2021, pihak KemenPAN RB pada bulan lalu mengungkapkan bahwa proses seleksinya akan berlangsung mulai Juli hingga Oktober 2021. Pengumumannya pada November 2021.

Pengadaan calon ASN pada tahun ini mencapai 1.275.387.

Dari total tersebut, sebanyak 83.669 formasi untuk pemerintah pusat dan instansi pemerintah daerah 1.191.718. Jumlah ini termasuk guru PPPK sebanyak 1.002.616, serta PPPK non guru dan CPNS sebanyak 119.094 formasi.

Dibuka 31 Mei, Simak Jadwal Lengkap Penerimaan PPPK dan CPNS 2021

Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 akan dibuka pada 31 Mei 2021. Setelahnya, pemerintah akan memulai tahap seleksi kompetensi dasar (SKD) pada Juli 2021.

Proses pendaftaran CPNS 2021 ini akan dilakukan beriringan dengan beriringan dengan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dengan semakin dekatnya seleksi CPNS 2021, Plt Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PANRB Katmoko Ari Sambodo lantas mengimbau seluruh pejabat pembina kepegawaian (PPK) untuk mempersiapkan dokumen yang diperlukan.

“PPK dapat segera melakukan persiapan seperti dokumen persyaratan pengumuman, sistem pendaftaran terintegrasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN), serta online help desk/call center yang dikelola masing-masing kementerian/lembaga,” imbuhnya, seperti dikutip Selasa (11/5/2021).

Secara total, seleksi CPNS 2021 akan membuka 1.275.387 formasi, terdiri dari 83.669 formasi untuk pemerintah pusat dan 1.191.718 formasi untuk pemerintah daerah.

Adapun berdasarkan jadwal yang telah dipersiapkan, pengumuman seleksi CPNS 2021 akan dimulai sejak 30 Mei. Kemudian proses pendaftaran dibuka sehari setelahnya, atau pada 31 Mei 2021. 

Adapun beberapa dokumen yang harus anda lengkapi untuk mendaftarkan diri pada tes seleksi CPNS 2021, beberapa dokumen yang dibutuhkan adalah:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Pas Foto
  4. Ijazah Asli
  5. Surat Lamaran
  6. Surat Pernyataan
  7. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat oleh instansi yang akan dilamar

Cara Mendaftar CPNS 2021

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pendaftaran CPNS tahun 2021 akan dilakukan secara online, maka anda diharuskan untuk mengakses website sscasn.bkn.go.id. kemudian ikuti langkah-langkah di bawah:

  1. Membuat Akun SCCN
    Anda dapat menggunakan NIK dan Nomor KK untuk mendaftarkan akun
  2. Log In
    Lagukan aktivasi login menggunakan NIK dan password yang sudah anda daftarkan sebelumnya
  3. Unggah Foto
    Anda diharuskan untuk mengunggah foto dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun
  4. Lengkapi Data Diri
    Setelah anda berhasil melakukan login anda akan diminta untuk mengisi data diri lengkap, memilih jabatan dan formasi yang diminati
  5. Unggah Dokumen dan Persyaratan yang diminta
  6. Verifikasi
    Untuk melanjutkan langkah selanjutnya yakni mencetak kartu pendaftaran anda diharuskan untuk lolos dari proses verifikasi
  7. Mencetak Kartu Pendaftaran SSCN
  8. Simpan Kartu Pendaftaran
Simpan kartu pendaftaran dengan baik, anda akan diminta membawa kartu pendaftaran saat menjalani tes seleksi kompetensi dasar. Di atas adalah ulasan yang membahas fitur terbaru SSCASN untuk pendaftaran CPNS 2021. Selamat berjuang.
  • Bagikan