RajaBackLink.com

6 Cara Budidaya Ikan Lele, Pengalaman Pribadi Selama Mengambil Pendidikan Perikanan

  • Bagikan
6 Cara Budidaya Ikan Lele, Pengalaman Pribadi Selama Mengambil Pendidikan Perikanan
Observasi kolam di Balai Benih Perikanan Air Tawar Kalisat Jember / Photo ©2013 by Dena Wiliyam
Promo Kosmetik Murah di Shopee

Laros Media – Banyak panduan untuk cara budidaya ikan lele yang beredar di internet, Namun perlu ada beberapa yang harus banyak di perhatikan untuk mendapatkan hasil budidaya ikan lele yang maksimal.

Disini Laros Media ingin menjabarkan beberapa cara budidaya ikan lele di berbagai media yang dulunya Laros pelajari selama masih bersekolah di SMKN 5 Jember Jurusan Agribisnis Perikanan.

Untuk itu ada baiknya untuk memahami beberapa cara budidaya ikan lele di berbagai media bagi pemula.

Cara Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula

Jika ingin ternak ikan lele, ada baiknya untuk memahami beberapa dasar-dasar yang harus di perhatikan mulai dari media kolam ikan lele, pakan yang diberikan, jenis-jenis ikan lele hingga pakan yang harus di berikan untuk cara budidaya ikan lele untuk pemula.

Media yang di gunakan kebanyakan orang adalah budidaya ikan lele di terpal, selain lebih efisien dalam pembuatannya, biaya yang di gunakan juga masih tergolong murah.

Namun banyak juga para petani yang juga menggunakan tidak hanya terpal, terkadang jika ada spanduk atau baliho bekas yang sudah tidak digunakan bisa digunakan dengan menyambung satu per satu hinga menjadi lembaran yang lebih besar sesuai rencana ukuran kolam.

Baca Juga 10 Peluang Usaha yang Cocok di Desa, Untung Besar

Cara Budidaya Ikan Lele Di Terpal

Seperti yang Laros Media katakan di atas, media terpal masih banyak di gunakan oleh kebanyakan petani lele di Indonesia. Efisiensi waktu hingga murahnya biaya membuat motode menggunakan terpal sangat digandrungi banyak orang.

Namun dalam penggunaannya, kolam terpal memiliki kekurangan yang sangat riskan apabila tidak ada pemeriksaan secara berkala.

Biasanya, pada pinggiran kolam terpal pasti ada beberapa bagian yang sobek karena sering terkena sinar matahari dan jarang terkena air.

Namun pada bagian tertentu, seperti bagian-bagian yang terkena air sudah dipastikan aman dari kata sobek sendiri terkena sengatan matahari asalkan tidak ada benda tajam yang mengenainya.

Baca Juga Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Bagi Pemula Wajib Paham

Cara Budidaya Ikan Lele Di Ember/Fiber

Penggunaan bak,ember atau fiber juga menjadi solusi penengah para petani lele yang ada di Indonesia, dengan daya tahan yang sedikit jauh lebih kuat dibandingkan menggunakan bahan terpal.

Penggunaan media ember pada cara budidaya ikan lele ini sangat banyak juga apalagi ketahanan jangka pemakaiannya lebih tahan lama. Namun untuk harga bak fiber yang dikeluarkan juga cukup menguras modal para petani.

Baca Juga Cara Ternak Lele Di Ember Agar Tidak Mudah Mati

Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Tembok

Selain menggunakan media terpal dan ember atau fiber, penggunaan kolam tembok atau permanen ini biasanya di terapkan oleh perusahaan-perusahan yang skala budidayanya sangat besar. Contohnya seperti PT Central Proteina Prima, Japfa Comfeed dan lain sebagainya.

Namun tidak menutup kemungkinan ada juga para petani ikan lele yang menggunakan media kolam tembok untuk budidaya ikan. Selain lebih tahan lama, penggunaan tembok lebih mudah pada saat pemanenan atau pada penggantian air (jika diperlukan).

Cara budidaya ikan lele di kolam tembok memang memiliki keuntungan tersendiri di segi perawatan hingga mudahnya penataan sirkulasi air pada pipa output dan input.

Baca Juga Cara Lengkap Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok

Cara Merawat Ikan Lele Agar Tidak Mati

Ikan lele merupakan binatang yang memiliki nyawa, dan semua yang bernyawa pasti akan mati. Itulah istillah yang sering banyak orang dengan, namun meminimalisir kematian pada ikan lele bisa dilakukan dengan banyak cara.

Dengan perawatan yang intens yakni, pengecekan suhu air, pengecekan PH air, pengecekan warna air, dan cahaya matahari yang masuk ke kolam bisa membuat tingkat Survival Rate pada ikan lele bisa meningkat.

Baca Juga Cara Merawat Ikan Lele Agar Tidak Mati

Cara Sederhana Budidaya Lele

Dulunya pada saat Laros masih mengenyam bangku pendidikan di SMKN 5 Jember Jurusan Agribisnis Perikanan, Laros sering sekali mengambil jatah kolam untuk praktikum untuk digunakan secara pribadi.

Disisi lain, dengan bentuk ukuran kolam yang sederhana yang mana memiliki panjang satu meter kali lebar satu meter dengan tinggi satu meter atau persegi (balok) sangat mudah untuk perawatan dan budidaya dalam skala yang sederhana.

Ukuran yang tidak lebih besar dari freezer box ice cream itu hanya cukup untuk digunakan untuk bididaya ikan lele dengan kapasitas ikan hanya seribu ekor dengan estimasi panen satu setengah bulan untuk ukuran empat belas dari yg awalnya memiliki ukuran tiga-empat.

Baca Juga Cara Sederhana Budidaya Lele Kolam Tembok

Dalam budidaya ikan lele, ada baiknya para pemula untuk tetap menerapkan beberapa cara yang ada diatas, karena cara budidaya ikan lele sangat bergantung kepada tingkat survival rate dari hidup ikan lele tersebut dengan mengacu pada beberapa aspek untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Terima kasih sudah membaca artikel ‘Cara Budidaya Ikan Lele’ based on my own experience while im study at SMKN 5 Jember Agribisnis Perikanan.
***
  • Bagikan