RajaBackLink.com

Cara Bekerja Online untuk Pelajar yang Mudah dan Menguntungkan

  • Bagikan
Cara Bekerja Online untuk Pelajar yang Mudah dan Menguntungkan
tangkap layar / Youtube.com / Nihongo Mantappu
Promo Kosmetik Murah di Shopee

Laros Media – Banyak pelajar ingin mendapatkan uang jajan tambahan di samping pemberian orangtua mereka. Namun, banyak dari mereka yang masih bingung tentang bagaimana cara bekerja online untuk pelajar. Dalam artikel berikut ini akan diberikan 4 cara bekerja untuk pelajar dan mahasiswa.

1. Online Shop

Pekerjaan pertama yang bisa dicoba oleh pelajar dan mahasiswa adalah bisnis jualan online. Hanya butuh internet, gadget, serta barang untuk dijual, sobat sudah bisa memulai bisnis ini. Bahkan, jika sobat tak ingin mengeluarkan modal, sobat bisa mencoba sistem dropship.

Dropshipper memungkinkan sobat tidak perlu mengeluarkan modal terlebih dahulu, tetapi bisa langsung menawarkan barang yang dijual. Urusan pengiriman akan di-handle oleh supplier. Sobat hanya perlu melakukan promosi atas barang-barang yang sobat jual.

Sobat bisa memanfaatkan media sosial dan marketplace untuk melakukan promosi. Untuk langkah awal, mintalah bantuan orang-orang terdekat agar online shop milikmu bisa dikenal lebih banyak orang.

Contoh barang yang ngetren di kalangan pelajar dan mahasiswa:

  • Kerudung
  • Strap masker
  • Makanan ringan
  • Phone case
  • Pakaian

2. Freelance

Cara bekerja online untuk pelajar berikutnya yang bisa sobat coba adalah freelance atau pekerja lepas. Ada banyak jenis pekerjaan lepas yang bisa dicoba oleh pelajar. Jenis pekerjaan yang diambil bisa disesuaikan dengan keterampilan masing-masing.

Pekerjaan lepas seperti ini digaji berdasarkan jumlah job yang sobat kerjakan. Biasanya, ada juga yang gaji diberikan setiap ada satu project yang selesai.

Lowongan kerja online terbaru bisa sobat temukan melalui platform online yang saat ini banyak beredar di internet. Namun, sobat perlu melihat latar belakang perusahaan atau pihak yang memberikan project sebelum memutuskan untuk mendaftar agar tidak mengalami penipuan.

Contoh pekerjaan freelance yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa:

  • Jasa edit foto
  • Jasa videografi
  • Pekerja lepas penulis
  • Pekerja lepas graphic designer

3. Youtuber

Untuk pelajar yang senang berkreasi dalam pembuatan konten, menjadi Youtuber bisa menjadi pilihan. Kehidupan pelajar dan mahasiswa selalu menarik untuk diikuti. Sobat bisa merekam kegiatan sehari-hari untuk dijadikan sebagai konten yang diunggah ke Youtube.

Saat ini pengguna Youtube semakin meningkat, sobat akan menemukan pasar yang luas dan banyak di aplikasi ini.

Pada awalnya, sobat perlu mendapatkan sejumlah subscribers dan views untuk bisa mendapatkan penghasilan dari konten yang diunggah. Sistem ini dinamakan monetisasi Youtube. Monetisasi bekerja dengan menyisipkan iklan berbayar di dalam setiap konten yang diunggah oleh content creator.

Contoh sosok youtuber mahasiswa yang sukses:

  • Jerome Polin
  • Leonardo Edwin
  • Gita Savitri
  • Turah Parthayana

4. Jasa Les Privat

Bagi pelajar yang memiliki passion dalam mengajar, cara bekerja online untuk pelajar yang cocok adalah menjadi pengajar dalam les privat. Di era pandemi, les privat bisa dilakukan secara online sehingga sobat bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Sama seperti pekerja lepas, jasa les privat juga ada banyak jenisnya, mulai dari mata pelajaran SD hingga SMA. Sobat bisa memilih mata pelajaran yang sobat kuasai untuk ditawarkan kepada calon pembeli jasamu. Pasarkan jasamu melalui media sosial dan mintalah bantuan orang terdekat dalam promosi ini.

Ada banyak cara bekerja online untuk pelajar yang ditujukan bagi pemula. Pilihlah jenis usaha yang tidak mengganggu kegiatan sehari-harimu.

***
  • Bagikan