RajaBackLink.com

10 Peluang Usaha yang Cocok di Desa, Untung Besar

  • Bagikan
10 Peluang Usaha yang Cocok di Desa, Untung Besar
10 Peluang Usaha Yang Cocok di Desa / Laros Media
Promo Kosmetik Murah di Shopee

Laros Media – Masih pada bingung cari kerjaan setelah lulus kuliah, mungkin ada baiknya untuk mulai merintis peluang usaha yang cocok di desa. Asal telaten, prospek bisnisnya bagus dan akan memperkuat ekonomi desa.

Ada banyak sekali peluang usaha yang cocok di desa yang bisa Sobat pilih. Mulai dari bisnis rumahan, usaha di pinggir jalan, industri kreatif, hingga online. Semuanya bisa dilakukan.

Keuntungan utama yang bisa didapatkan bila Sobat memilih bisnis di kampung halaman adalah bisa dekat dengan orang tua dan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk sewa tempat karena bisa dijalankan di rumah sendiri.

Kalaupun perlu sewa tempat, harga sewa bedak atau lapak di kampung jelas jauh lebih murah dibanding di perkotaan.

Jika Sobat sudah siap mencobanya, maka ikuti ulasan ini sampai akhir karena kami akan membahas peluang-peluangnya secara lengkap.

Berikut 10 Peluang Usaha yang Cocok di Desa dengan modal yang kecil

1. Toko sembako atau kelontong

usaha toko kelontong
Toko Kelontong / Laros Media

Peluang usaha yang cocok di desa pertama yang pasti ada di setiap daerah adalah toko sembako atau kelontong. Apapun skalanya, semuanya pasti laku karena produk yang dijual adalah barang-barang kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga Menjalankan Usaha dari Rumah Dengan Berjualan di Ebay

  • Untuk membuka usaha ini, Sobat tinggal menyiapkan
  • Tempat untuk membuka usaha
  • Uang untuk modal awal
  • Tempat kulakan barang yang harganya murah dan pemiliknya bisa dipercaya
  • Kendaraan untuk transportasi atau angkut barang dagangan.

Karena usaha ini termasuk bisnis rumahan, Sobat bisa memulainya dari tempat tinggal pribadi. Jadi, tidak ada tambahan biaya untuk sewa lokasi usaha.

Selain itu, kelebihan lain dari jenis usaha ini adalah Sobat tak harus punya rumah di pinggir jalan besar untuk memulainya.

Toko akan baik-baik saja meski Sobat menjual barang di tengah kampung. Sebab pembelinya bisa berasal dari tetangga kanan dan kiri.

Namun, Sobat juga tetap harus realistis. Bila hanya mengSobatlkan tetangga kanan dan kiri, maka uang yang dihasilkan juga segitu-segitu saja.

Untuk memulai usaha ini hanya dibutuhkan modal sekitar 5 jutaan. Dengan uang ini, Sobat bisa membeli beberapa item seperti gula, beras, telur, mi instan, minyak goreng, dll.

Stoknya memang tidak akan terlalu banyak. Tapi yang jelas bisa diputar terus menerus untuk memperbesar bisnis sedikit demi sedikit.

Baca Juga Cara Mudah Kerja Dari Internet Tanpa Modal

2. Usaha Pangkas Rambut

Usaha Pangkas Rambut
Usaha Pangkas Rambut / Laros Media

Peluang usaha yang cocok di desa ini bergerak di bidang jasa. Artinya, penghasilan yang akan didapatkan lebih banyak ketimbang pengeluaran untuk operasional.

Untuk bisa membuka usaha ini Sobat butuh ketrampilan untuk memotong rambut dengan model yang menarik.

Tujuannya adalah agar calon pembeli yang datang bisa jadi langganan tetap karena puas dengan hasil pangkasan atau potongannya.

Karena lebih fokus ke ketrampilan, maka untuk memulai usaha ini tidak banyak persiapan dan modal yang dibutuhkan. Sobat hanya perlu:

Baca Juga Keuntungan Bekerja Dari Rumah Di eBay, Solusi Atasi PHK Akibat Pandemi

  • Tempat usaha.
  • Peralatan pangkas seperti gunting, sisir, cermin, kursi, alat pemotong rambut elektrik, gambar model rambut, dll.

Usaha ini bisa dijalankan di pinggir jalan atau di tengah kampung. Estimasi awal kebutuhan modalnya adalah sekitar 5-6 juta.

Uang ini bisa dipakai untuk sekalian mempercantik tampilan salon agar pengunjung yang datang jadi lebih nyaman. Bisnis ini sangat menjanjikan karena sekarang biaya pangkas rambut mencapai Rp10.000 sampai Rp15.000 per orang.

3. Pertamini atau Pom Bensin Mini

usaha pertamini
Usaha Pertamini / Laros Media

Jika rumah Sobat di pinggir jalan, maka cobalah buka Pertamini. Sobat bisa menjual bensin di botol atau mendaftarkan diri untuk mendapatkan lapak Pertamini.

Kalau opsi pertama, modalnya pasti jauh lebih kecil karena Sobat hanya perlu menyiapkan botol dan etalase kayu untuk display bensin.

Namun jika Sobat mau mendapatkan lapak pertamini agar tampilan tokonya terlihat lebih profesional, maka memang modalnya cukup besar, sekitar 10 sampai 15 juta.

4. Usaha Warung makan

usaha warung makan
Usaha Warung Makan / Laros Media

Warung makan merupakan usaha yang bisa dilakukan di mana saja, termasuk di desa. Sobat bisa membuka warung bakso atau makanan sehari-hari.

Tapi perlu diketahui bahwa bila Sobat menjual menu makanan sehari-hari, biasanya profitnya tidak terlalu banyak.

Hal ini karena minat beli masyarakat desa terhadap menu harian yang kecil. Mereka cenderung memilih masak sendiri ketimbang beli makanan yang bisa mereka olah sendiri.

Berbeda dengan menu bakso, pizza, atau menu-menu lain yang tidak diolah setiap hari oleh para ibu rumah tangga di pedesaan. Menu semacam ini cenderung lebih bisa diperbesar profit marginnya.

Untuk membuka usaha warung makan, umumnya dibutuhkan beberapa item di bawah ini:

  • Tempat usaha
  • Etalase kaca atau rombong
  • Peralatan memasak dan penyajian (piring, sendok, bungkus, dll).

Khusus untuk menu harian, modalnya tidak terlalu besar. Dengan uang ratusan ribu, Sobat bisa membuka usaha warung makan skala kecil.

5. Usaha Peternakan Ayam

Usaha Peternakan Ayam
Usaha Peternakan Ayam / Pixabay / Capri23auto

Ada banyak jenis ayam yang bisa diternak, di antaranya adalah ayam kampung, petelur, dan ayam potong yang biasanya diambil dagingnya.

Dari ketiga pilihan tersebut, peluang usaha yang cocok di desa dan cukup menjanjikan adalah beternak ayam kampung. Sebab di sini memang sentranya ayam-ayam jenis tersebut.

Meski begitu, Sobat juga tetap bisa membuka usaha ayam petelur atau potong. Hanya saja, karena jumlahnya akan jauh lebih banyak, modal yang dikeluarkan juga harus lebih banyak.

Beberapa item persiapan yang perlu dilakukan adalah:

  • Menyiapkan kandang untuk merawat ayam.
  • Pakan.
  • Konsep dan manajemen perawatan yang matang agar mereka terawat.

Asal telaten, bisnis ini bisa dijalankan dari modal yang kecil dengan hasil yang besar.

6. Budidaya Ikan Lele

budidaya ikan lele
Budidaya Ikan Lele / Pixabay / Dezalb

Ikan lel merupakan salah satu jenis ikan yang paling banyak dicari saat ini. Sobat tinggal beli bibit lele, membuat kolam khusus untuk merawat mereka, dan beri pakan secara teratur.

Hewan ini kanibal, jadi bersiaplah bila hasil panennya tidak sesuai dengan jumlah bibit yang dimasukkan ke dalam kolam. Ada baiknya untuk mengetahuin cara budidaya kan lele dengan benar.

Selain mati karena seleksi alam di dalam kolam, lele-lele tersebut juga bisa jadi santapan lele lain yang lebih besar. Jadi memang biasanya perlu dilakukan pemisahan kolam berdasarkan usia dan ukuran.

 Yang menarik, uang 3-5 juta rupiah sudah cukup untuk membuka usaha ini.

7. Usaha Ternak sapi

Usaha Ternak sapi
Ternak Sapi / Pixabay / Pixel-Sepp

Bila Sobat tertarik untuk berjualan sapi daging atau susu sapi perah, maka sediakan modal yang lumayan besar. Satu ekor sapi harganya bisa mencapai puluhan juta.

Minimal Sobat memulainya dengan dua atau tiga sapi. Sekitar 35 sampai 45 juta rupiah secara total. Tergantung usia sapinya juga. Jika ambil yang muda, maka harganya akan jauh lebih murah.

Namun saran kami, ambillah dua sapi yang siap untuk dikawinkan, sisanya boleh kecil. Hal ini dilakukan supaya induk segera beranak dan bisnis bisa dikembangkan lebih cepat.

8. Usaha Ternak Kambing

Usaha Ternak Kambing
Ternak Kambing / Pixabay / Klimkin

Harga kambing jauh lebih murah ketimbang sapi. Bila dengan modal 10 juta rupiah, kemungkinan Sobat akan mendapatkan sekitar 5 kambing dewasa. Tergantung beli di mana dan dalam momen apa.

Usahakan jangan beli saat momen idul adha agar modal yang dikeluarkan tak terlalu besar. Belilah pada saat penjualan kambing menurun. Misalnya satu bulan setelah idul adha.

9. Usaha Jual Pulsa

usaha jual pulsa
Usaha Jual Pulsa / Laros Media

Mayoritas penduduk desa tidak tahu cara beli pulsa online atau melakukan pembayaran secara online. Ini bisa jadi peluang usaha di desa yang dapat berkembang dengan mudah.

Selain jualan pulsa, Sobat juga bisa jualan paket data, BPJS, pembayaran PLN, dll. Dengan modal Rp 1.000.000,- Sobat bisa memulai usaha ini.

Asalkan perputaran uangnya jelas. Jangan terima transaksi hutang dan harus bayar tunai.

10. Usaha Bengkel Motor

usaha bengkel motor
Usaha Bengkel Motor / Laros Media

Memulai usaha bengkel bagi lulusan teknik bisa jadi pilihan yang sangat brilian. Apalagi jika dilakukan di desa.

Pasalnya, di sini banyak sekali penduduk yang memakai sepeda motor dan merasa kesulitan bila harus datang ke kota hanya untuk servis.

Apalagi para pesaing usaha ini juga tergolong kecil. Pelaku usahanya umumnya adalah anak lulusan SMK atau orang yang memang sudah lama bergelut dalam bidang ini.

Nah, untuk memperbesar keuntungan. Sobat bisa jualan item-item kebutuhan sepeda motor. Jadi tidak hanya fokus di jasa servis dan tambal ban saja.

***

  • Bagikan