RajaBackLink.com

10 Langkah Menjadi Special Effect handal untuk Bekerja di Industri Film

  • Bagikan
10 Langkah Menjadi Special Effect handal di Industri Film
Ilustrasi pengambilan shot video / Envato Premium / Laros Media
Promo Kosmetik Murah di Shopee

Laros Media – Bekerja di Industri film memang menjadi salah satu impian banyak orang, mengenal orang baru, belajar membuat film, dapat mengasah kreafitas lebih dalam lagi.

Namun untuk mendapatkan posisi tersebut tidaklah mudah, banyak orang yang harus rela ditolak berkali-kali untuk bisa bergabung dengan production house sebuah film.

Menengok dari segi pekerjaan, bekerja di industri perfilman sangat perlu pertimbangan besar. Dengan mendapatkan jeda di pekerjaan Special Effect film itu sulit, tetapi tidak sesulit yang Sobat kira.

Saran penting untuk mendapatkan karir di industri film berikut Laros Media kutip dari Sean Blakeley menawarkan 10 hal utama yang perlu diingat, termasuk saran praktis untuk meningkatkan peluang Sobat mencapai peluang dalam pekerjaan Special Effect.

10 Langkah Bekerja di Industri Film Jadi Special Effect

Memahami Industri

Jika Sobat ingin bekerja dalam Special Effect, penting untuk tidak hanya mengetahui perbedaan antara Stag (tangan panggung) dan Sutradara, tetapi juga mengetahui bagaimana Special Effect itu sendiri dibagi.

Lama berlalu adalah hari-hari ketika Ray Harryhausen (Jason dan Argonauts) akan mengunci dirinya di gudang dengan tim kecil orang dan melakukan semua Special Effect sendiri.

Sekarang, semuanya tersebar di berbagai tim dan departemen. Jadi, jika Sobat tertarik untuk memahat set dan monster besar, Sobat ingin bekerja sebagai pematung film; jika Sobat lebih suka proyek teknis yang lebih kecil, Sobat sebaiknya memilih unit model.

Jadilah Realis

Bekerja di industri kreatif dan khususnya industri film bukanlah hal yang mudah. Sobat akan sering dihadapkan dengan proyek yang menantang dan tenggat waktu yang menuntut dan akan ada lusinan orang yang berbeda menunggu

Sobat untuk menyelesaikannya sehingga mereka dapat menyelesaikan pekerjaan mereka sendiri. Sobat harus mencapai keseimbangan antara waktu yang diizinkan dan kualitas dari apa yang Sobat hasilkan; Sobat tidak bisa terlalu berharga tentang pekerjaan Sobat.

Tidak hanya itu, Sobat harus mempromosikan diri sendiri – semua seniman Special Effect adalah pekerja lepas dan Sobat harus mencari pekerjaan di luar sana.

Belajar Seni

Baik Sobat belajar secara otodidak atau kuliah di Art College, sangat penting bagi Sobat untuk memiliki minat dalam Seni untuk bekerja dalam Special Effect.

Jika seseorang meminta Sobat untuk memahat Statuta bergaya Romawi seukuran aslinya atau sarkofagus Mesir, sangat berharga untuk memiliki titik referensi dalam pikiran Sobat sendiri.

Tapi yang lebih penting dari ini, itu akan membuat pekerjaan lebih menyenangkan. Sobat mungkin membolak-balik buku seni selama akhir pekan, dan pada Senin pagi Sobat diminta untuk membuat ulang salah satu karya yang Sobat kagumi.

Menggambar

Dalam industri film semua gambar teknik dilakukan oleh juru gambar di Departemen Seni. Jadi apakah ini hanya bantalan untuk mencapai langkah ajaib ’10’? Tidak.

Jika Sobat ingin membuat objek 3D apa pun, terutama bentuk manusia, sangat penting untuk belajar menggambar dan terus berlatih.

Pematung secara teratur menyamakan memahat dengan menggambar subjek mereka di tanah liat dari berbagai sudut. Kunci untuk patung yang bagus, seperti menggambar, adalah mendefinisikan garis dan bayangan.

Latihan

Ini jelas tetapi juga sangat penting. Jika Sobat berlatih membuat dan memahat sesuatu di waktu luang Sobat, Sobat akan meningkat.

Juga sangat berharga untuk menciptakan kembali pengalaman kerja film – jadi batasi diri Sobat untuk referensi foto (daripada model kehidupan) dan beri diri Sobat tenggat waktu yang menantang untuk pekerjaan itu.

Sedikit lebih sulit, tetapi sama berharganya, adalah mencoba media yang berbeda. Sobat mungkin ahli dalam konstruksi baja dan pengelasan, tetapi kecuali jika Sobat bergabung dengan sisi teknik Special Effect atau tim kerja logam, keterampilan ini tidak berguna. Bahan pilihan dalam film cenderung tanah liat dan polistiren kelas rendah.

Dapat didekati

Hampir semua orang di industri film adalah wiraswasta sehingga mereka memahami bahwa satu-satunya cara untuk mendapatkan pekerjaan adalah dengan mempromosikan diri sendiri.

Ini tidak berarti Sobat harus pergi ke rumah majikan potensial atau membuat kampanye pemasaran mandiri yang aneh; itu berarti kebanyakan orang di industri ini mudah didekati.

Jika Sobat menelepon Kepala Departemen (HOD) yang relevan dan menunjukkan komitmen dan keinginan untuk belajar, mereka akan sering setuju untuk bertemu dengan Sobat selama 5-10 menit untuk melihat portofolio Sobat.

Kegigihan

Ketika Sobat akhirnya bertemu dengan pria atau wanita yang Sobat harapkan menjadi bos masa depan Sobat, jangan berhenti di situ.

Mereka akan mengambil detail Sobat, tetapi mungkin perlu 18 bulan sebelum mereka memiliki proyek yang sesuai dan menelepon Sobat. Sobat perlu memastikan bahwa Sobat bertemu sebanyak mungkin calon majikan, dan berhenti dan mengobrol dengan orang lain di departemen jika Sobat merasa cukup berani.

Coba dan tinggalkan kartu atau lebih baik lagi, salinan 1 atau 2 karya favorit Sobat dengan detail kontak Sobat (dan idealnya alamat portofolio online Sobat jika ada).

Kemudian, beri mereka panggilan cepat untuk mengejar ketinggalan setiap 6 bulan atau lebih – bahkan jika mereka tidak dapat menawarkan pekerjaan kepada Sobat, sungguh menakjubkan betapa banyak informasi yang akan Sobat dapatkan tentang berbagai peluang.

Portofolio

Vital. Dalam sebuah kata. Aturan kunci untuk portofolio yang baik adalah sederhana:

Keanekaragaman

Tunjukkan berbagai jenis pekerjaan yang mungkin telah Sobat lakukan Sobat mungkin bangga dengan rangkaian 18 undang-undang yang telah Sobat lakukan, tetapi jangan tunjukkan semuanya.Selain itu, Sobat mungkin tidak berpikir bahwa salju polistiren setinggi 30 kaki menunjukkan kemahiran Sobat sebagai pematung, tetapi ini menunjukkan keserbagunaan Sobat, jadi lakukanlah.

Kejujuran Seharusnya tidak perlu dikatakan tetapi ternyata tidak. Hanya satu hal yang mendapat cadangan HOD lebih dari melihat karya besar dengan seseorang yang mengaku telah membuatnya sendiri, dan itu melihat karya mereka sendiri diklaim oleh orang lain.Percayalah, itu memang terjadi. Jadi, jujurlah. Jika Sobat melakukan kaki kiri raksasa, katakan saja dan jangan ambigu tentangnya.

Ringkas

Gunakan kesempatan Sobat dengan bijak. 10-12 foto sudah cukup untuk menunjukkan berbagai pekerjaan dan keterampilan Sobat.

Best Foot Forward

Kebanyakan orang akan membuat keputusan tentang pekerjaan Sobat dalam 2-3 contoh, jadi letakkan pekerjaan terbaik Sobat di depan.

Presentasi

Usahakan agar tidak ada potongan kertas yang berjatuhan dari portofolio Sobat yang sudah dimakan ngengat. Investasikan dalam portofolio A4 yang mudah dibawa dan gunakan binder plastik.

Jika Sobat memiliki keterampilan Photoshop untuk meningkatkan presentasi pekerjaan Sobat, gunakanlah.

Jangan merasa perlu untuk mengambil contoh patung Sobat – Sobat akan menunjukkan karya Sobat kepada para profesional yang sangat terbiasa menilai karya melalui foto.

Informasi

Sobat mungkin telah menghasilkan replika skala penuh David karya Michelangelo, tetapi jika Sobat membutuhkan waktu tiga tahun, itu tidak baik untuk industri film.Pastikan Sobat mencatat skala setiap contoh pekerjaan Sobat, bahan apa yang Sobat gunakan dan berapa lama pengerjaannya. Potongan informasi sederhana ini penting untuk HOD dan akan dihargai.

Portofolio Online

Jika bisa, buatlah portofolio online yang dirancang dan pastikan detail kontak berisi alamatnya. Idealnya, coba dan dapatkan alamat email HOD sehingga Sobat dapat mengirimkan tautannya kepada mereka.Setiap kali Sobat memperbarui konten portofolio, merupakan alasan yang baik untuk menghubungi HOD dengan tautan lain ke pekerjaan Sobat.

Jaringan

Berjejaring terkadang terasa tidak nyaman dan memalukan, tetapi penting untuk mengetahui pekerjaan apa saja yang ada di luar sana.

Setelah Sobat mengerjakan satu atau dua pekerjaan, Sobat akan mendapatkan nomor telepon beberapa rekan kerja – pastikan Sobat menelepon mereka.

Namun berhati-hatilah, jika Sobat pertama kali mendengar tentang film James Bond baru dan kemudian memberi tahu semua orang, Sobat akan menemukan diri Sobat bergabung dalam antrian untuk menunjukkan portofolio Sobat.

Ini tidak berarti Sobat tidak boleh membagikan informasi yang mungkin Sobat miliki tentang pekerjaan yang akan datang, itu berarti Sobat harus ingat bahwa setiap orang berusaha untuk mendapatkan pekerjaan. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mengawasi situs web berita film.

Menonton Film

Sebuah keuntungan besar untuk saat-saat ketika Sobat tidak bekerja – Sobat dapat menonton film dan mengklaim itu penelitian.

Jelas, senang melihat karya Sobat sendiri di layar lebar, tetapi juga menyenangkan melihat karya dan nama orang yang Sobat kenal.

Setelah pekerjaan pertama atau kedua Sobat, Sobat akan segera mulai merasa menjadi bagian dari industri dan mulai mengenali nama dan wajah.

Juga, untuk pekerjaan yang Sobat lewatkan, Sobat dapat pergi dan mengomel tentang bagaimana Sobat akan melakukannya dengan lebih baik!

Bekerja di industri film bukan untuk semua orang; tetapi jika Sobat tertarik dan mengembangkan keterampilan dan pengetahuan Sobat, kemungkinan besar Sobat akan mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan apa yang dapat Sobat lakukan. Semoga berhasil!

***

  • Bagikan