RajaBackLink.com

Manfaat Latihan Interval Kardio Yang Perlu Kalian Pahami

  • Bagikan
Manfaat Latihan Interval Kardio Yang Perlu Kalian Pahami
Latihan Interval Kardio / Envato Element / Laros Media
Promo Kosmetik Murah di Shopee

Laros Media – Dalam berolahraga masih banyak hal positif yang bisa didapatkan. Terutama manfaat latihan interval kardio.

Dalam studi jangka panjang tentang kesehatan orang-orang di Amerika Serikat, Layanan Kesehatan Masyarakat A.S. mendokumentasikan kemungkinan mengembangkan penyakit jantung di antara berbagai kelompok dalam populasi.

Jauh sebelum gejala apa pun muncul, penelitian epidemiologis dapat mengidentifikasi kelompok berisiko tinggi.

Di antara faktor risiko tertinggi adalah jenis kelamin laki-laki, usia di atas 35 tahun, merokok, tekanan darah tinggi, kadar lemak darah tertentu yang tinggi, dan riwayat keluarga dengan gangguan kardiovaskular.

Peneliti lain telah menambahkan ke daftar ini faktor risiko lain: kepribadian kompulsif, hard-driving, sangat cemas. Semakin besar jumlah keparahan, semakin besar risiko keseluruhan orang tersebut.

Baca Juga Multivitamin untuk Kesehatan Sehari-Hari

Ancaman terhadap jantung ini dapat dibagi menjadi dua kategori utama: yang di luar kendali individu, seperti usia, jenis kelamin, dan keturunan, dan yang dapat dikendalikan, dihindari, atau bahkan dihilangkan.

Di antara mereka yang berada dalam kategori kedua adalah apa yang disebut ahli jantung sebagai “ancaman rangkap tiga.” Ini adalah tekanan darah tinggi, merokok, dan kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Jika Anda merokok sebungkus rokok sehari, risiko Anda terkena serangan jantung adalah dua kali lipat dari bukan perokok.

Jika Anda merokok, menderita hipertensi, dan makan makanan tinggi lemak tanpa olahraga sama sekali, risiko Anda lima kali lebih besar dari biasanya.

Jantung Sehat

Jika faktor risiko ini membahayakan kesehatan jantung, apa yang meningkatkan kesejahteraannya dan meningkatkan peluangnya untuk bekerja lama dan sehat?

Jelas, berhenti merokok dan makan makanan rendah lemak akan membantu. Hal terbaik berikutnya yang dapat Anda lakukan demi jantung Anda adalah memberikan apa yang dibutuhkannya: olahraga teratur atau latihan interval kardio lengkap.

Baca Juga Zinc Oxide Moisturizer Wajah Pelindung dari Sinar Matahari

Jantung adalah otot, atau, lebih tepatnya, sekelompok atau “paket” otot, mirip dalam banyak hal dengan otot lengan dan kaki. Dan sama seperti olahraga memperkuat dan meningkatkan otot-otot tungkai, olahraga juga meningkatkan kesehatan otot-otot jantung.

Sejak Perang Dunia II, beberapa studi statistik skala besar telah mengevaluasi hubungan antara aktivitas fisik dan penyakit kardiovaskular.

Sebuah survei terkenal membandingkan 31.000 pengemudi dan kondektur dari beberapa perusahaan bus. Pengemudi yang lebih banyak duduk memiliki tingkat penyakit jantung yang jauh lebih tinggi daripada kondektur, yang berjalan di sekitar bus dan menaiki tangga ke tingkat atas.

Mengapa dan bagaimana di balik statistik ini dipertaruhkan dijelaskan oleh eksperimen klasik dengan anjing yang arteri koronernya dipersempit secara operasi untuk menyerupai manusia dengan arteriosklerosis. Anjing yang berolahraga memiliki aliran darah yang jauh lebih baik daripada yang tidak aktif.

Latihan tersebut tampaknya merangsang perkembangan hubungan baru antara yang terganggu dan pembuluh darah yang hampir normal, sehingga anjing yang berolahraga memiliki suplai darah yang lebih baik ke semua jaringan otot jantung.

Jantung manusia bereaksi dengan cara yang sama untuk memberikan darah ke bagian yang rusak akibat serangan jantung.

Agar otot jantung yang rusak dapat sembuh, jantung bergantung pada pembuluh darah kecil baru untuk apa yang disebut sirkulasi kolateral.

Cabang-cabang baru pada pembuluh arteri ini dapat berkembang jauh sebelum serangan jantung — dan dapat mencegah serangan jantung jika jaringan baru tersebut mengambil cukup banyak fungsi pembuluh darah yang menyempit.

Baca Juga Kenali Gejala Kanker Prostat Sejak Dini, Inilah Beberapa Pencegahannya

Dengan semua fakta ini, sekarang diringkas menjadi satu pertanyaan: Apa yang harus dilakukan untuk mencegah dilema seperti itu?

Dikutip Laros Media dari beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga ringan beberapa kali seminggu lebih efektif dalam membangun jalur tambahan ini daripada olahraga yang sangat kuat yang dilakukan dua kali lebih sering.

Aturan umumnya adalah bahwa olahraga membantu mengurangi risiko kerusakan pada jantung. Beberapa penelitian lebih lanjut membuktikan hubungan antara olahraga dan jantung yang sehat berdasarkan temuan bahwa orang yang tidak berolahraga memiliki risiko serangan jantung 49% lebih besar daripada orang lain yang termasuk dalam penelitian ini. Studi ini mengaitkan sepertiga dari risiko itu dengan gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Oleh karena itu, dengan menggunakan latihan interval kardio, Anda benar-benar dapat mengharapkan hasil positif tidak hanya pada area yang berkaitan dengan sistem kardiovaskular Anda tetapi juga pada status kesehatan Anda secara keseluruhan.

Baca Juga Hernia, Kenali Penyebab Hingga Cara Mengobatinya

Aktivitas khusus yang pasti baik untuk jantung ini adalah siklus “segmen berulang” yang bersifat intens. Dalam proses ini, terjadi pertukaran periode penyembuhan. Ini bisa berupa aktivitas komprehensif dan gerakan moderat.

Akibatnya, manfaat dari hanya terlibat dalam aktivitas semacam ini dapat memberi Anda lebih banyak hasil yang pernah Anda harapkan. Ini adalah:

  • Ancaman serangan jantung berkurang, jika tidak dihilangkan
  • Peningkatan tugas jantung
  • Meningkatkan metabolisme, meningkatkan kemungkinan pembakaran kalori, oleh karena itu, membantu Anda menurunkan berat badan
  • Meningkatkan kapasitas paru-paru
  • Membantu mengurangi atau menghilangkan kasus stres

Memang, manfaat latihan interval kardio adalah cara modern untuk menciptakan hati dan tubuh yang sehat dan bahagia.

***
  • Bagikan