RajaBackLink.com

PPKM di Perpanjang, Menkeu Sri Mulyani Berikan Dana Bansos Rp6,1 Triliun Untuk 10 Juta Keluarga

  • Bagikan
Promo Kosmetik Murah di Shopee
bansos tunai 300 ribu
Ilustrasi uang rupiah / Envato Element / Laros Media


Laros Media – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 6,1 triliun untuk program bantuan bansos tunai

Perpanjangan bansos ini dilakukan selama dua bulan dengan adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali 20 Juli 2021

Bantuan sosial tunai (BST) diperpanjang dua bulan, terutama untuk meringankan masyarakat yang terdampatk pelaksanaan PPKM Darurat”, ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Jumat 2 Juli 2021.

Dirinya menjelaskan, bansos akan diberikan kepada sepuluh juta masyarakat yang tidak mampu dan keluarga miskin yang belum menerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan karti sembako.

Untuk kriteria lainnya ialah yang sudah memiliki nomor induk kependudukan (NIK), kartu keluarga, dan nomor telepon yang masih bisa dihubungi.

Mantan Direktur Pelaksana World Bank tersebut mengatakan selama ini bansos sudah di berikan kepada sembilan koma enam juta kelompok penerima manfaat (KPM) dengan anggaran Rp 11,94 triliun.

Nilai tersebut untuk penyaluran pada Januari hingga april 2021 dengan pembagian Rp 300 ribu per kelompok penerima dalam per bulannya.

“Untuk perpanjangan dua bulan ini kita harapkan akan dibayarkan pada bulan Juli dan Agustus, Targetnya sepuluh juta KPM di 34 provinsi”, ujarnya.

Nantinya, saat penyaluran bansos tunai, Sri Mulyani akan menggunakan data kelompok penerima dari penyaluran pada Januari hingga April 2021.

Sedangkan pada periode itu, targetnya memang harus sepuluh juta KPM, akan tetapi terealisasi hanya sembilan koma enam juta

“Nanti kalu datanya sudah terpenuhi hingga sepuluh juta, maka anggarannya disediakan untuk sepuluh juta, yaitu Rp 6,1 triliun. Sehingga, untuk bansos tunai ini atau tala lokasinya adalah mencapai Rp18,04 triliun dari yang Januari hingga April ditambah dengan perpanjangan bulan yang sekarang kita akan berikan”, jelas Sri Mulyani.

***

Editor   : Dena Wiliyam

  • Bagikan