RajaBackLink.com

Cara Mengatasi Anak Picky Eater Susah Makan dengan Makanan Sehat

  • Bagikan
Cara Mengatasi Anak Picky Eater Susah Makan dengan Makanan Sehat
Seoarang anak perempuan sedang makan buah semangka / Pixabay / JillWellington
Promo Kosmetik Murah di Shopee
Laros Media – Picky Eater merupakan gangguan perilaku makan pada anak yang berhubungan dengan perkembangan psikologis tumbuh kembang yang ditandai dengan keengganan untuk mencoba makanan dengan jenis tertentu.
 
Ketika Anda memiliki anak, salah satu tantangan terbesar adalah memastikan bahwa anak Anda makan semua makanan yang dia butuhkan untuk tumbuh dengan cara yang sehat.

Makan sehat itu penting sejak lahir! Jika anak Anda tidak mendapatkan nutrisi yang tepat dalam makanannya, ada kemungkinan pertumbuhannya akan terhambat atau dia akan jatuh sakit.

Namun, jika Anda memiliki anak, Anda juga tahu bahwa mengajak si kecil makan makanan sehat seringkali menemui hambatan.

Meskipun mudah untuk membuat anak menikmati kue coklat, brokoli adalah masalah lain! Berikut adalah beberapa trik dan tip untuk membantu anak Anda mendapatkan semua nutrisi yang dia butuhkan.

Baca Juga Cara Makan Makanan Sehat dengan Sedikit Uang

Dikutip Laros Media menurut Prof. Dr. Rini Sekartini, SpA cara yang bagus untuk mengajari anak-anak Anda keterampilan baru serta membuat mereka makan makanan sehat adalah dengan membuat mereka membantu Anda di dapur.

Anak-anak berusia tiga dan empat tahun senang membantu dengan hal-hal sederhana seperti mengaduk dan menuangkan, sementara anak-anak yang lebih besar dapat belajar memecahkan telur, mengukur bahan, dan remaja bahkan dapat membantu memotong sayuran dan memasak seluruh makanan.

Ketika seorang anak melihat apa yang masuk ke dalam makanan, dia akan cenderung memakannya. Anak-anak juga akan lebih cenderung makan makanan yang mereka bantu masak karena mereka bangga dengan prestasi mereka.

Cara hebat lainnya untuk membuat anak makan makanan sehat adalah dengan mencari pilihan yang ramah anak.

Misalnya, jika anak Anda tidak mendapatkan cukup makanan dari susu, keju tali rendah lemak adalah pilihan camilan sehat yang juga sangat menyenangkan untuk dimakan!

Baca Juga Kenali Efek Penyakit Kolestrol Pada Pria dan Wanita

Anda juga dapat menemukan kerupuk yang tersedia dalam bentuk dan makanan ringan yang ramah anak.

Jika Anda sangat khawatir tentang anak Anda mendapatkan cukup nutrisi yang tepat yang dia butuhkan untuk kehidupan sehari-hari, Anda juga dapat menemukan suplemen vitamin untuk membantu diet anak Anda.

Sejumlah merek membuat vitamin dengan bentuk dan ukuran yang lucu sehingga Anda dapat meyakinkan anak Anda untuk meminumnya.

Ada juga minuman bertenaga dan makanan yang diperkaya lainnya yang dapat Anda berikan kepada anak Anda untuk memastikan mereka mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan.

Baca Juga Kenali Gejala Kanker Prostat Sejak Dini, Inilah Beberapa Pencegahannya

Intinya adalah Anda perlu memastikan bahwa anak Anda tetap aman dan sehat, tidak peduli seberapa pemilihnya mereka.

Jika anak Anda menolak untuk makan makanan tertentu, dia mungkin tidak suka makanan itu, dan Anda harus memberikan pilihan lain.

Namun, jika dia menolak sebagian besar makanan, Anda harus tegas dalam mengonsumsi makanan bergizi.

Bicaralah dengan dokter anak Anda untuk mengetahui proporsi dan jenis makanan yang harus dimakan anak Anda.

Baca Juga Manfaat Kesehatan Susu Kedelai dan Susu Almond Untuk Tubuh

***

  • Bagikan