RajaBackLink.com

Rapat Koordinasi Pemkab Jember Bersama Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut dalam Progres Penerapan PPKM Darurat

  • Bagikan
Promo Kosmetik Murah di Shopee
rapat-koordinasi-pemkab-jember-bersama-menko-kemaritiman-dan-investasi
Wakil Bupati Jember dalam rangka rapat koordinasi bersama beberapa jajaran instansi Pemkab Jember / Diskominfo Jember


Laros Media – Rapat Koordinasi (Rakor) antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember dengan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan secara daring pada Minggu 11 Juli 2021, dalam rangka updating progres penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa Timur dan Bali selama 3 hingga 20 Juli 2021 untuk menekan tersebarnya virus Covid-19.

Rapat Koordinasi kali ini dihadir secara luring oleh Wakil Bupati Jember MB Firjaun Barlaman, Sekretaris Daerah Jember Mirfano, Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin, Dandim 0824 Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, Kepala Kejaksaan Negeri Jember Zulfikar Tanjung dan Kepala Plt OPD terkait. 

Dikutip Laros Media saat disampaikan Menko Luhut Binsar Pandjaitan, masyarakat menyorot kondisi dan hasil evaluasi pelaksanaan PPKM Darurat Jawa dan Bali. 

Progresnya menggembirakan. Perbaikan terlihat, meski tetap harus bekerja keras untuk menekan penyebaran virus Corona penyebab Covid-19.

Baca Juga Pertemuan Bupati Jember Dalam Sosialisasi PPKM Darurat Bersama 190 Pelaku Usaha di Pendopo Wahyawibawagraha

rapat-koordinasi-pemkab-jember-bersama-menko-kemaritiman-dan-investasi
Rapat koordinasi Pemkab Jember secara Daring / Diskominfo Jember

Mobilitas masyarakat di Jawa dan Bali menunjukkan penurunan yang tajam dibandingkan provinsi lain. Berbeda sekali dengan kondisi pada H plus sembilan sebelum dilaksanakan PPKM Darurat, tingkat mobilitasnya tidak ada penurunan. 

Pencapaian ini tak lepas dari kiprah Kepala Daerah masing-masing dalam menerapkan penertiban sesuai arahan yang tertuang pada surat edaran. 

Regulasi dan arahan tersebut telah dilaksanakan secara komprehensif. Seperti disampaikan Jaksa Agung Gatot Taroenamihardja, pihaknya bertindak tegas terhadap oknum tak bertanggung jawab yang tergolong kriminal terhadap penerapan PPKM Darurat. 

“Kami telah tindak tegas oknum-oknum yang menimbun obat-obatan terutama obat untuk Covid-19”, jelas Jaksa Agung.

Menko Luhut menyarankan seluruh Kepala Daerah terus melakukan vaksinasi kepada masyarakat secara disiplin. 

Baca Juga Bupati Jember Beri Teguran Pemilik Kafe yang Tetap Buka di Masa PPKM Darurat

Ini penting sekali untuk meminimalisasi penularan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, terutama di wilayah yang jauh dari Kota/Kabupaten. 

Pemkab Jember sendiri telah melakukan pemberian vaksinasi secara jemput bola. Di antaranya membuat pelayanan vaksinasi di titik-titik hunian penduduk, sehingga masyarakat dapat dengan mudah dan leluasa menjalani vaksinasi ini. 

Mengenai pembatasan mobilitas masyarakat di malam hari, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta secara tegas menyampaikan hal tersebut telah dilakukan dari hari pertama PPKM Darurat dimulai. 

“Kami lakukan Operasi Yustisi untuk menekan kegiatan di malam hari,” tandas Kapolda Jawa Timur. 

Laros Media bengutip Menko Luhut lagi, bahwa penerapan PPKM Darurat secara terintegrasi ini telah melahirkan progres yang baik, Provinsi Jawa Timur mengalami penurunan mobiltias. 

Berbeda dari di Bali yang masih harus diperketat agar mobilitas masyarakat dapat dikendalikan sehingga kasus Covid-19 bisa ditekan. 

Baca Juga Pembayaran Pajak Online Di Jember, Hendy Siswanto: Mempermudah Masyarakat Untuk Bayar Pajak

Dalam hal ini, Pangdam V Brawijaya Widodo Iryiansah menyampaikan beberapa arahan. 

“Kami akan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak secepatnya”, ujarnya.

Memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 menjadi pekerjaan rumah bagi seluruh Kepala Daerah, dari Gubernur, Bupati/Walikota terus hingga ke tingkat terbawah, yaitu Camat, Lurah, Ketua RT/RW yang menyentuh masyarakat secara langsung. 

Jika hingga akhir penerapan PPKM Darurat masih belum terlihat penurunan mobilitas dan penekanan kasus positif Covid-19, maka instruksi dan arahan dari pusat, PPKM Darurat ini akan diperpanjang. 

Baca Juga Rapat Raperda Jember LPP APBD TA 2020, Rakor Bersama Menkopolhukam, RAKOR COVID-19 Bersama Gubernur

***

Editor : Dena Wiliyam

  • Bagikan