RajaBackLink.com

Olahraga Yang Perlu diperhatikan untuk Ibu Hamil

  • Bagikan
Promo Kosmetik Murah di Shopee
Laros Media – Saat dalam masa kandungan, olahraga untuk ibu hamil sangat dianjurkan guna mempermudah dan mempersingkat waktu persalinan. Dengan berolahraga, otot panggul dan jalan lahir Bumil menjadi lebih kuat dan sistem peredaran darah menjadi semakin lancar. Bumil pun memiliki stamina yang lebih tinggi untuk mengejan dan mendorong janin keluar dari rahim.

Meresepkan obat untuk wanita hamil adalah proses yang kompleks.

Sebelum dokter kandungan dan ginekolog memutuskan dosis obat mana yang paling baik untuk mengobati suatu kondisi tanpa menimbulkan efek samping berbahaya pada ibu dan bayi, mereka mempertimbangkan usia pasien, kesehatan umum, jumlah bulan sebelum melahirkan, toleransi terhadap obat, dan obat lain yang mungkin dikonsumsi pasien hamil.

Meresepkan olahraga pada wanita hamil harus sama ilmiah dan tepat. Jenis, intensitas, frekuensi, dan durasi “dosis” latihan semuanya penting.

Olahraga satu orang yang sehat dan kuat bisa berbahaya bagi orang lain. Bahaya ini mungkin lebih besar pada wanita hamil karena mereka lebih mungkin mengalami ketegangan dan efek samping serius lainnya bagi calon ibu.

Namun, jika olahraga akan dilaksanakan dan dilakukan dalam rentang normal, rata-rata, olahraga tidak akan berpengaruh pada kondisi kehamilan secara keseluruhan dan terutama pada persalinan atau persalinan.

Kehamilan

Perawatan prenatal yang berkualitas harus diberikan kepada seorang ibu selama kehamilannya. Dia harus siap untuk melahirkan bayi yang sehat secara normal. Komplikasi harus dicegah dengan segala cara.

Semua hal ini bermuara pada fakta bahwa seorang wanita hamil harus dirawat sedemikian rupa sehingga dia tidak akan dipaksa untuk melakukan pekerjaan yang berat tetapi juga tidak boleh tinggal di tempat tidur dan tidak aktif sampai dia melahirkan bayinya.

Baca Juga Cara Mengatasi Anak Picky Eater Susah Makan dengan Makanan Sehat

Akibatnya, kondisi wanita hamil bervariasi dalam kaitannya dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungannya. Oleh karena itu, bimbingan kesehatan yang tepat perlu diberikan oleh dokternya selama kunjungannya.

Selain itu, penting untuk menjaga kehidupan wanita hamil tetap aktif untuk meningkatkan kesehatan yang baik, tidak hanya untuknya tetapi juga untuk bayi yang paling penting.

Kondisi fisik seperti tekanan darah, berat badan dan status kesehatan biasanya dipantau selama kunjungan ibu hamil ke dokter. Untuk alasan ini, penting untuk dicatat bahwa olahraga dapat menjadi faktor nomor satu untuk menjaga aspek-aspek ini dalam kondisi baik.

Seperti yang dikatakan para ahli kesehatan, informasi fisik dan emosional yang memadai diperlukan oleh seorang wanita hamil untuk mempersiapkan dirinya untuk melahirkan. Dia membutuhkan pesan kesehatan praktis dalam menjaga dirinya dan bayinya tetap sehat.

Oleh karena itu, bagi para ibu atau calon ibu yang belum mengetahui mengapa mereka harus berusaha keras untuk melakukan olahraga ringan dan normal, berikut adalah daftar beberapa manfaatnya agar Anda dapat memahami alasan mengapa ibu hamil harus berolahraga secara teratur:

Baca Juga Apa itu Kardiomiopati? Gejala dan Faktor Penyebabnya

  1. Penentangan terhadap kelelahan
    Saat otot menjadi lelah, ia menghasilkan lebih sedikit kekuatan. Untuk menyelesaikan tugas seperti menaiki tangga, misalnya, atau menyekop salju, lebih banyak unit otot harus digunakan untuk mendukung otot-otot yang lelah.

    Otot-otot yang lelah keduanya kurang efisien dan kurang efektif. Oleh karena itu, ini hanya akan menambah beban pada wanita hamil karena berat badan yang terus bertambah setiap hari. Itulah sebabnya otot yang lelah biasanya akan mengakibatkan kram kaki atau nyeri otot.

    Yang harus diketahui oleh setiap ibu hamil adalah bahwa olahraga meningkatkan kondisi otot dan kemampuannya untuk bekerja lebih lama tanpa kelelahan.

  2. Mengurangi sakit punggung
    Bahkan ketika Anda duduk atau berdiri, beberapa otot bekerja, dan postur yang relatif mudah seperti itu dapat membebani beberapa otot dan menyebabkan kelelahan.
    Otot-otot punggung bagian bawah, misalnya, bisa lelah dan lelah karena upaya mempertahankan ereksi saat ibu hamil berdiri diam selama beberapa jam.
     
    Dengan olahraga, ibu hamil dapat memperbaiki kesalahan ini dengan mengembangkan postur tubuhnya.
  3. Tingkatkan jumlah oksigen
    Bekerja dan berolahraga mengandalkan glikogen, zat yang diproduksi tubuh dari karbohidrat kompleks dan otot serta hati yang tersimpan. Pasokan glikogen di otot menentukan dan membatasi durasi aktivitas. Olahraga menghabiskan glikogen di otot dan menyebabkan kelelahan.

    Namun, ketika glikogen habis oleh aktivitas berat, itu diganti dalam jumlah yang lebih besar dari sebelumnya, seolah-olah tubuh menyadari kebutuhan untuk meletakkan pasokan bahan bakar yang lebih besar.

    Oleh karena itu, oksidasi sangat penting untuk mengubah glikogen menjadi energi yang dibutuhkan wanita hamil untuk menggoyangkan jari, melenturkan otot, atau melatih paru-paru dan jantung untuk beberapa tindakan meniup selama persalinan normal.

Ini hanya beberapa dari banyak manfaat olahraga yang dapat diberikan kepada wanita hamil. Selain itu, tidak ada yang salah bagi ibu hamil untuk melakukan beberapa olahraga ringan. Satu-satunya hal yang penting untuk diingat adalah sebelum memulai program olahraga, baik hamil atau tidak, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Seperti yang mereka katakan, dokter tahu yang terbaik!

***

Baca Juga Kenali Efek Penyakit Kolestrol Pada Pria dan Wanita

Editor : Dena Wiliyam

  • Bagikan