RajaBackLink.com

Berkedok Website Penipuan Bansos Kemensos, Polda Metro Jaya Ringkus Tersangka Berinisial RR

  • Bagikan
Promo Kosmetik Murah di Shopee
Berkedok Website Penipuan Bansos Kemensos, Polda Metro Jaya Ringkus Tersangka Berinisial RR
Humas Polda Metro Jaya / Laros Media


Laros Media – Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya membongkar kedok penipuan bansos PPKM yang mangatasnamakan Kementerian Sosial (kemensos) Republik Indonesia.

Modusnya, para pelaku membuat website seolah-olah menerima pendaftaran bagi warga yang ingin mendapatkan bansos PPKM Darurat.

“Kemensos melaporkan adanya akun di medsos, banyak pesan berantai berisi formulir pendaftaran bansos sejumlah Rp300 ribu”, jelas Kombespol Yusri yhunus dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya Jakarta, Senin 19 Juli 2021.

Tersangka berinisial RR ini menempelkan logo kemensos dan banyak meminta pendaftar untuk membagikan ke teman atau saudara di kontak aplikasi Whats App yang kemudian akan  mendapatkan konfirmasi melalui SMS.

Baca Juga PPKM Resmi di Perpanjang Hingga 25 Juli 2021

Para pelaku menjalankan modus ini dengan menggunakan situs website sejak tahun lalu dengan mencari keuntungan dari iklan yang terpasang di websitenya.

“Apa keuntungan yang didapat? Sejak November 2020 yang mana keuntungan didapat dengan mengambil setiap bulannya dengan memasukkan iklan. Minimal ada dua iklan dalam satu website. Satu iklan ini bisa sampai Rp200 juta. Jadi dari November hingga sekarang pelaku mendapatkan Rp1,5 miliar”, jelasnya.

Hingga saat ini Polisi masih terus mengembangkan kasus ini dan tidak menutup kemungkinan akan menjaring semua situs yang mengatasnamakan Institusi tertentu.

Tersangka RR ditahan dengan jeratas Pasal 35 dan Pasal 51 Ayat 1 UU RI No 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No 11 Tahun 2008 mengenai informasi dan transaksi elektronik dengan tindak pidana penjara paling lama 12 tahun dan/atau denda paling banyak Rp12 miliar.

Baca Juga Bansos Beras dari Kemensos Siap Luncurkan ke 136.016 Warga Kabupaten Jember

***

Editor : Dena Wiliyam

  • Bagikan