RajaBackLink.com

PPKM Level 4 Resmi di Perpanjang, Masyarakat dapat Beraktivitas Sesuai Peraturan Pemerintah Daerah

  • Bagikan
tangkap layar live streaming jokowi / youtube / sekretariat presiden
Promo Kosmetik Murah di Shopee

Laros Media – PPKM yang telah dilaksanakan selama dua puluh tiga hari kebelakang sejak tanggal 3 Juli  hingga 25 Juli 2021 telah menyentuh di hari terakhir dan resmi PPKM Level 4 diperpanjang hingga 2 Agustus 2021.

Diketahui telah terjadi tren perbaikan dalam pengendalian Pandemi Covid-19, laju  kasus BOR dan Positivity Rate mulai menunjukkan penurunan dibeberapa provinsi di Pulau Jawa.

“Namun demikian kita harus tetap berhati-hati mensikapi tren perbaikan ini, tetap harus selalu waspada menghadapi varian delta yang sangat menular. Pertimbangan aspek kesehatan harus dihitung secara cermat dan pada saat yang sama, aspek sosial ekonomi masyarakat khususnya pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat harus diprioritaskan”, ujarnya.

Baca Juga Jokowi Meninjau Rumah Oksigen Gotong Royong, Bisa Tampung 500 Orang

Mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi dan dinamika yang ada, Jokowi memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari tanggal 26 Juli sampai tangal 2 Agustus 2021.

Namun, Presiden juga menjelaskan tetap akan melakukan penyesuaian terkait aktivitas masyarakat.

Penyesuaian mobilitas masyarakat ini dilakukan dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan untuk buka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat.
  • Dan pasar rakyat yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari bisa membuka kiosnya dengan kapasitas  maksimum 50 persen sampai dengan pukul 15.00 WIB yang mana pengaturan lebih lanjut dilakukan oleh setiap Pemda.
  • Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet, pangkas rambut ataupun laundry dan lain sebagainya diijinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 21.00 WIB yang peraturan teknisnya di atur oleh pemerintah daerah.
  • Warung makan dan pedagang kaki lima dan sejenisnya yang memiliki tempat diruang terbuka di ijinkan buka hingga pukul 20.00 WIB dengan protokol kesehatan yang ketat dengan maksimum pengunjung makan ditempat 20 menit.
“Hal-hal teknis akan dijelaskan oleh Menko dan menteri terkait untuk mengurangi beban masyarakat akibat pandemi Covid-19 ini, pemerintah juga meningkatkan pemberian bantuan sosial (bansos)  dan bantuan untuk usaha mikro kecil”, tegasnya.
***
Editor : Dena Wiliyam
  • Bagikan