RajaBackLink.com

PPKM Level 1-4 Diperpanjang atau Tidak? Simak Fakta Berikut Sebelum Berasumsi

  • Bagikan
PPKM Level 1-4 Diperpanjang atau Tidak? Simak Fakta Berikut Sebelum Berasumsi
Penyekatan kala PPKM Level 4 oleh petugas polisi
Promo Kosmetik Murah di Shopee

Laros Media – Sudah hampir sebulan terhitung sejak tanggal 3 Juni 2021 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat PPKM di terapkan mulai dengan skema Darurat hingga Level 1-4 dan akan berakhir hari ini. Kebijakan pemerintah seakan menjadi tanda tangan banyak orang, entah PPKM akan diperpanjang atau tidak.

Namun jika dilihat dari beberapa fakta lapangan dan data yang disebar oleh setiap pemerintahan daerah ataupun pemerintahan provinsi, penderita covid-19 mulai berangsur turun.

Di Jakarta sendiri, Gubernur Anis Baswedan mengklaim bahwa penyeberan virus Covid-19 mengalami penurunan.

Menurut Anies, melandainya kasus Covid-19 di Jakarta itu tercermin dari menurunnya jumlah kasus aktif. Pada 16 Juli 2021 tercatat ada 113 ribu lebih kasus aktif, dan angka itu berkurang drastis hingga bisa mencapai 17.850 kasus aktif pada 31 Juli 2021.

“Bayangkan turun 100 ribu kasus aktif, ini bukti konkret bahwa pembatasan mobilitas yang dikerjakan kemarin efektif, mari kita teruskan,” kata Anies di Polda Metro Jaya, Minggu (1/8).

Di sisi lain, menurut Anies, saat ini tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit rujukan Covid-19 masih berada di angka 70 persen. Angka itu menurun jika dibandingkan beberapa waktu lalu yang mencapai 94 hingga 95 persen.

Untuk Jawa Barat Sendir, Ridwan Kamil menjelaskan bahwa tingkat BOR juga turun drastis dari bulan lalu.

“Kepada semua yang bekerja keras dalam sebulan ini, BOR keterisian Rumah Sakit Jawa Barat hari ini sudah dibawah standar darurat WHO yaitu turun ke 55,6% dari puncak kedaruratan bulan lalu di 91%”, jelas Ridwan Kamil.

tangkap layar postingan instagram @ridwankamil

Setelahnya, pemerintah memberlakukan PPKM level 4 pada 21-25 Juli. Kemudian, pemerintah memutuskan untuk memperpanjangnya hingga 2 Agustus 2021.

Lalu apakah PPKM level 4 akan diperpanjang lagi? Hingga Minggu 1 Agustus 2021 pukul 20.00 WIB, pemerintah belum memberi pengumuman terkait perpanjangan PPKM level 4 tersebut.

Namun, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan pernah mengatakan, pelonggaran pembatasan akan dilakukan secara bertahap jika situasi pandemi Covid-19 menunjukkan perbaikan. Salah satu indikatornya yakni penurunan angka kasus positif.

“Pada tanggal 26 Juli 2021 akan dilakukan relaksasi dan pembukaan bertahap di beberapa daerah apabila menunjukkan perbaikan dari semua sisi, terutama penurunan kasus dan indikator-indikator sesuai dengan acuan dari WHO (World Health Organization),” kata Luhut, dalam konferensi pers daring, Rabu 21 Juli 2021.

Dan Presiden Jokowi juga pada konferensi pers daring satu minggu yang lalu telah menetapkan akan membuka mobilitas warga secara bertahap sesuai tingkat penurunan kasus Covid-19.

“Namun demikian kita harus tetap berhati-hati mensikapi tren perbaikan ini, tetap harus selalu waspada menghadapi varian delta yang sangat menular. Pertimbangan aspek kesehatan harus dihitung secara cermat dan pada saat yang sama, aspek sosial ekonomi masyarakat khususnya pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat harus diprioritaskan”, ujarnya Jokowi, Minggu 25 Juli 2021.

***

  • Bagikan