RajaBackLink.com

Cerita Ganjar Saat Ditegur Megawati Mengenai Banjir Rob di Sejumlah Wilayah di Jawa Tengah

  • Bagikan
Cerita Ganjar Saat Ditegur Megawati Mengenai Banjir Rob di Sejumlah Wilayah di Jawa Tengah
Foto: Ganjar Pranowo dalam pembahasan 113 tahun Hari Kebangkitan Nasional di kanal Youtube.com miliknya | Youtube @Ganjar Pranowo
Promo Kosmetik Murah di Shopee

Laros Media – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengakui bahwa dirinya pernah ditegur oleh Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP mengenai banjir rob di wilayah Jawa Tengah.

Diketahui bahwa beberapa permukaan tanah di sejumlah wilayah di Jawa Tengah banyak mengalami penurunan.

“Sebenarnya bukan saya pribadi, tidak hanya dari Joe Biden tapi dari bu Mega juga kemarin ‘Hei Ganjar bagaimana itu rob-nya?’. ‘Hai bu, siap’,” ucap Ganjar dalam Webinar Jakarta Tenggelam bersama Ikatan Alumni ITB, Selasa 10 Agustus 2021.

Dia mencohtohkan beberapa penanganan banjir rob yang ada di Kota Semarang, yang memiliki strategi sendiri meskipun kawasan ini banyak menghadapi rintangan dalam menangani banjir rob.

“Enam tahun yang lalu Pemkot Semarang cukup punya inisiatif cepat sehingga pengendalian (banjir rob) itu bisa juga dilakukan,” jelasnya.

Baca Juga Pilpres 2024 Masih Jauh, Perang Baliho Elit Politik Sudah Terpampang di Masa Pandemi

“Kota Semarang akan punya problem besar karena tarik ulur antara pengendalian tata ruang dengan desakan tata uang. Sekali lagi, tata ruang dan tata uang ini akan saling tarik ulur dan kemudian yang kadang-kadang keputusannya menjadi sangat melemah,” lanjut Ganjar Pranowo.

Dirinya juga menyebut bahwa ada beberapa wilayah di Jawa Tengah yang sudah mulai tenggelam karena penurunan permukaan tanah atau biasa disebut land subsidence.

Ganjar menjelaskan, bahwa ada beberapa kejadian seperti di Desa Bedono Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, banyak permukaan tanah yang mengalami penuruan dan menimpulkan dampak bagi masyarakat pesisir.

Bahkan, Gubernur yang dikenal nyentrik tersebut mengungkapkan bahwa di Kabupaten Brebes ada satu wiliyah yang sudah tenggelam dan menjadi hutan bakau.

Baca Juga Pemkab Banyuwangi Menghadiahi Pemuda Kaki Gunung Raung Untuk Berdayakan Petani Lemon

“Kemudian ada (di) Pekalongan yang sekarang cukup terancam. Tapi sebenarnya di Brebes sudah sudah terjadi satu area yang sudah tenggelam dan sekarang jadi hutan bakau,” imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden negeri Paman Sam, (AS) Joe Biden sempat berbicara mengenai prediksi DKI Jakarta akan tenggelam dalam kurun waktu sepuluh tahun mendatang.

Tak ayal, Megawati juga mengaku telah membicarakan perihal tersebut dengan Presiden Jokowi.

Putri Proklamator tersebut juga mengingatkan kepada Ganjar Pranowo, persoalan mengenai ancaman banjir rob di Kota Semarang.

Tak hanya itu, para Pakar dari Institut Teknologi Bandung (ITB) mengungkapkan ada tiga daerah di Jawa Tengah yang akan mengalami penurunan permukaan tanah yakni, Semarang, Demak, dan Pekalongan.

Baca Juga Kasus Warga Jember Melakukan Pemukulan Terhadap Petugas Pemakaman Covid-19

***

  • Bagikan