RajaBackLink.com

Mulai Tahun Depan, Tidak Ada Plat Nomor Kendaraan Berwarna Hitam

  • Bagikan
Mulai Tahun Depan, Tidak Ada Plat Nomor Kendaraan Berwarna Hitam
Foto: Mobil hyundai / autonetmagz
Promo Kosmetik Murah di Shopee

Laros Media – Plat nomor merupakan salah satu ciri atau sebuah identitas pada kendaraan. Baik roda dua maupun roda empat, plat nomor juga mengandung banyak informasi seperti kota asal kendaraan, jenis kendaraan, daerah dan lain-lain.

Diketahui bahwa desain plat nomor kendaraan di Indonesia sempat berganti-ganti. Pada belasan tahun yang lalu, jenis angka dan huruf yang dipilih lebih gemuk daripada yang sekarang.

Dulu sangatlah normal melihat satu atau dua huruf dibelakang angkat plat nomor, namun sekarang tiga huruf dibelakang angka sudah tidak aneh lagi.

Namun, dalam waktu dekat ini, pemerintah berencana untuk mengubah warna plat nomor dari warna dasar hitam tulisan putih menjadi warna dasar putih tulisan hitam.

TNKB Putih-Hitam Berlaku tahun depan.

Berdasarkan Perpol Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor Pasal 45 Ayat 1(a) per 5 Mei 2021, warna Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) akan memakai warna dasar putih dengan tulisan hitam.

Peraturan yang diterapkan oleh kepolisian ini direncanakan untuk mulai diterapkan pada tahun depan dan akan diimplementasikan secara bertahap.

Pembeli mobil baru, pengurusan balik nama, perpanjang STNK 5 tahunan dan permintaan ganti nomor akan jadi perkenalan plat nomor baru.

Jenis plat nomor ang akan mengalami pergantian besar ada pada plat nomor mobil untu penggunaan pribadi, badan hukum, Perwakilan Negara Asing, dan badan Internasional, karena mereka yang tadinya memakai dasar hitam tulisan putih jadi warna putih jadi arna dasar putih tulisan hitam.

Sedangkan untuk plat berwarna merah dan plat nomor kuning tidak akan ada banyak perubahan, adapun plat hijau dengan tulisan hitam untuk kendaraan dikawasan perdagangan bebas dengan fasilitas bebas bea masuk.

Lalu Kenapa Plat Nomor Harus Berganti Warna dari Hitam ke Putih

Dikutip Laros Media dari pernyataan Kasubdit STNK Korlantas Polri Komisaris Besar Taslim Chairuddin kepada CNN Indonesia, penggantian warna dasar dan tulisan plat nomor ini guna memudahkan penertiban terhadap pelanggaran lalu lintas melalui sistem tilang elektronik yang menggunakan CCTV

“Sifat kamera itu menangkap warna hitam, kalau dasar hitam tulisan putih, pengidentifikasiannya agak masalah, ‘s’ bisa dibaca ‘5’ atau sebaliknya, demikian dengan ‘i’ dibaca ‘1’,” ujarnya.

Pemberlakuan TNKB dengan warna dasar putih dan tulisan hitam masih menunggu beberapa hal, misalnya kesiapan material dan cat untuk TNKB baru. Untuk plat nomor khusus mobil listrik pun tetap diganti jadi warna putih, namun garis biru di bagian bawah plat nomor tetap dipertahankan.

***

Penulis: Fabby NidufiasEditor: Dena Wiliyam
  • Bagikan