RajaBackLink.com

Tips Mencegah Rambut Kusut, Salah Satunya Hindari Produk Berakohol

  • Bagikan
Tips Mencegah Rambut Kusut, Salah Satunya Hindari Produk Berakohol
Ilustrasi mengeringkan rambut / Pixabay / RyanMcGuire
Promo Kosmetik Murah di Shopee

Laros Media – Memiliki rambut kusut adalah problem bagi seluruh umat. Namun banyak tips mecegah rambut kusut itu sendiri yang dapat Anda terapkan agar mahkota utama tubuh tetap menawan.

Bukan hanya mengganggu penampilan, tapi juga membuat kepala terasa tidak nyaman. Maka dari itu hindarilah hal-hal yang akan membuat rambut kusut dan rusak.

Berikut adalah tips mencegah rambut kusut yang dilansir Laros Media dari laman Stylecraze.

1. Pakai kondisioner

Keramas saja tidak cukup. Selalu tambahi diakhir dengan kondisioner agar kelembapan terkunci.

Baca Juga: 7+ Tips Wawancara Kerja Agar Sukses Hadapi HRD Pertama Kali

Ini membantu sisir melewati rambut dengan mudah dan tanpa hambatan. Kondisioner menghaluskan rambut dan melembutkan helai rambut kering secara efektif. Yang terbaik adalah mendiamkan kondisioner di rambut selama beberapa menit sebelum dicuci.

2. Gunakan sisir bergigi lebar

Sebaiknya tidak menggunakan sisir berekor lancip atau sisir bundar pada rambut kusut. Mereka akan merusak batang rambut dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Sebagai gantinya, gunakan sisir bergigi jarang karena dapat menghilangkan simpul tanpa menarik terlalu banyak rambut. Selalu mulai dari ujung dan teruskan ke akar.

3. Gunakan produk detangling (produk untuk mengatasi kusut)

Produk seperti semprotan detangling, serum, dan kondisioner dapat melepaskan simpul secara efektif.

Baca Juga: 4 Tips Untuk Blogger Pemula Wajib Tahu

Mereka melembutkan untaian kering dan menghilangkan jalinan rambut kusut. Jika simpul membentuk hingga besar aplikasikan beberapa produk detangling di atasnya dan area sekitarnya.

Pijat rambut dan sisir dengan lembut ke bawah melalui simpul. Jari juga bisa digunakan untuk memisahkan kusut.

4. Oleskan masker rambut

Menerapkan masker rambut seminggu sekali dapat meningkatkan tekstur rambut secara drastis. Ini menghidrasi dan menghaluskan kulit luar rambut yang kering dan membuat rambut halus dan lembut.

Beberapa bahan paling efektif yang dapat membantu rambut kusut adalah yogurt, madu, dan minyak almond. Campur bahan-bahan ini, oleskan pasta pada rambut kering, dan biarkan selama 20 menit.

Baca Juga: Zinc Oxide Moisturizer Wajah Pelindung dari Sinar Matahari

Akan terlihat banyak perbedaan pada tekstur rambut dalam beberapa minggu setelah pemakaian. Jika masker terlalu memakan waktu, bisa menambahkan jus lemon ke dua cangkir air dan memijatkan larutan ke kulit kepala.

Ini akan mengubah rambut dalam beberapa hari.

5. Minyaki rambut secara teratur

Perlu meminyaki secara teratur untuk memberi rambut Anda kelembapan yang sehat. Pijatkan sedikit minyak kelapa hangat di atas rambut yang kering.

Trik ini bagus untuk semua jenis rambut. Untuk mendapatkan hasil yang tahan lama,bisa mencampurkan minyak kelapa dengan jojoba dan minyak zaitun.
Campuran ini dapat menghilangkan kusut secara efektif.

6. Bilas dengan air dingin

Ini adalah langkah sederhana namun efektif. Bilas rambut dengan air dingin setelah mandi untuk menutup kulit luar rambut dan mencegah kerusakan. Dengan melakukannya juga mencegah untaian yang kasar dan kering.

7. Hindari menggunakan alat styling yang Panas

Baca Juga: Cara Mudah untuk Meredakan Alergi, Tanpa Harus Langsung ke Dokter

Alat penata rambut yang panas seperti pengering rambut, pelurus rambut, dan alat pengeriting rambut dapat merusak rambut.

Ini bisa membuat rambut kering dan kusut. Untuk menghindari hal ini, gunakan alat pada pengaturan panas rendah hingga sedang.

8. Menghanduki dengan hati-hati

Memutar dan menggosok rambut dengan handuk kuat-kuat setelah mandi dapat menyebabkan banyak rambut rontok dan patah.

Ini juga mengganggu struktur kulit luar rambut, mengakibatkan ujung bercabang dan rambut keriting. Remas rambut dengan handuk dan biarkan mengering.

Baca Juga: 10 Cara Menjadi Event Planner Sukses

9. Lindungi rambut saat tidur

Sama seperti tubuh yang membutuhkan istirahat, begitu pula rambut sensitif. Belilah sarung bantal sutra karena tidak menyebabkan gesekan dan mencegah rambut kusut. Hindari sarung bantal katun karena teksturnya kasar dan cenderung membuat rambut kering dan patah.

10. Hindari produk yang mengandung alkohol

Meskipun ada berbagai macam produk yang diklaim alami, penting untuk mencari produk yang benar dengan klaim mereka – dalam hal keberadaan alkohol.
Alkohol mengeringkan rambut dan merusak tekstur kulit luar rambut, menyebabkan kusut dan patah. Oleh karena itu, pilihlah produk yang bebas sulfat dan alkohol.

Begitulah tips mencegah rambut kusut Terapkan dan ingat selalu, karena memperbaiki rambut yang terlanjur kusut itu tidak mudah.

***

  • Bagikan