RajaBackLink.com

Manfaat Kangkung yang Banyak Belum Diketahui, Salah Satunya Dapat Mengatasi Anemia

  • Bagikan
Manfaat Kangkung yang Banyak Belum Diketahui, Salah Satunya Dapat Mengatasi Anemia
Manfaat Kangkung yang Banyak Belum Diketahui, Salah Satunya Dapat Mengatasi Anemia
Promo Kosmetik Murah di Shopee

Laros Media – Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang sering dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa.

Kangkung sendiri merupakan tanaman yang cepat tumbuh dan mudah dibudidayakan, baik secara organik maupun hidroponik.

Tidak hanya untuk diolah sebagai makanan yang lezat, kangkung ternyata juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Cara Makan Makanan Sehat dengan Sedikit Uang

Dikutip Laros Media dari kanal YouTube Dokter Fery TV yang diunggah pada 10 Agustus 2021, berikut adalah 7 manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh

1. Menjaga kesehatan mata

Kangkung kaya akan kandungan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata, karena vitamin A mampu melindungi kornea dan lapisan mata dari infeksi bakteri dan virus.

Vitamin ini juga bisa meningkatkan produksi cairan untuk mencegah mata kering.

Baca Juga: Resep Otak-otak Bandeng Khas Gresik, Menu Masakan Sehari-hari yang Enak dan Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

2. Anti radang

Peradangan biasanya ditandai gejala seperti nyeri dan pembengkakkan, kangkung diketahui juga ampuh melawan peradangan yang diakibatkan oleh Infeksi bakteri.

3. Mencegah diabetes

Sayur kangkung bekerja sebagai antioksidan, di mana antioksidan tersebut mampu menangkal oksidasi atau zat-zat anti oksidan.

Baca Juga: 8 Makanan Terbaik Untuk Tekanan Darah Tinggi, Salah Satunya Biji Labu

4. Melawan kerusakan hati

Ternyata sayur kangkung bisa melindungi organ hati dari kerusakan luka dan peradangan, karena kangkung bisa memicu produksi enzim yang akan membersihkan atau bersifat detoksifikasi hati dari racun.

5. Mencegah dehidrasi

Tingginya kandungan berbagai jenis mineral dari kangkung itu membuat sayur ini baik untuk mencegah dehidrasi, hal ini memiliki peran utama mineral seperti kalium, natrium yang ada di dalamnya.

Kedua mineral tersebut bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan cairan dan kadar elektrolit dalam tubuh. Sehingga makan kangkung bisa mencegah kehilangan banyak cairan.

6. Mengatasi anemia

Karena kandungan mineral yang ada dalam Kangkung ternyata juga dapat menjaga dan membantu mengatasi gejala anemia, kangkung mengandung zat besi dan fosfor yang ampuh untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kangkung ternyata dapat mengurangi resiko penyakit kronis dan mencegah penyakit lain yang disebabkan oleh lemahnya sistem kekebalan tubuh, karena kangkung tinggi dengan vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga kangkung mampu melawan kerusakan sel.

***

  • Bagikan