RajaBackLink.com

Pernyataan Sikap GMNI Jember Terkait Kasus Honor Pemakaman Jenazah Covid-19 Bupati Jember

  • Bagikan
Pernyataan Sikap GMNI Jember Terkait Kasus Honor Pemakaman Jenazah Covid-19 Bupati Jember
Pernyataan Sikap GMNI Jember Terkait Kasus Honor Pemakaman Jenazah Covid-19 Bupati Jember
Promo Kosmetik Murah di Shopee

Laros Media – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GMNI Jember memberikan pernyataan sikap terkait kasus Bupati Jember dan sejumlah pejabat daerah saat menerima honor sebagai tim pemakaman jenazah Covid-19.

Saat itu, Bupati Jember Hendy Siswanto telah membenarkan penerimaan sebagai tim pemakaman jenazah Covid-19 tersebut dan telah menegaskan hal tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku, Jumat 27 Agustus 2021.

Besaran yang didapat Bupati Hendy Siswanto dan beberapa jajaran pejabat daerah senilai Rp100 ribu setiap jenazah yang dimakamkan.

Baca Juga: Bupati Jember Kembalikan Honor Pemakaman Jenazah Covid-19, Khofifah: Tidak Ada SE dan SK Gubernur

Sejak lima bulan terakhir sudah menyentuh angka 705 korban yang mana Bupati Hendy mendapatkan honor sebesar Rp70,5 juta.

Honor tersebut didapatnya saat dirinya menjabat sebagai pengarah tim struktural yang dibuat dalam SK Bupati Nomor: 188.45/107/1/12/2021 tentang Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19 Pada Sub Kegiatan Respon Cepat Bencana Non Alam Epidemi/Wabah Penyakit yang ditanda tangani sejak 30 Maret 2021.

Namun, DPC GMNI Jember menilai bahwa penetapan honor tersebut dirasa sangat janggal dan tidak memiliki dasar hukum yang jelas bila mengacu pada SK Bupati Jember tentang besaran Harga Satuan Kabupaten Jember Tahun Anggaran 2021 yang telah ditetapkan pada 23 Maret 2021.

Baca Juga: Bupati Jember Membenarkan Menerima Honor Pemakaman Jenazah Covid, Berikut Penjelasannya

Lampiran SK tersebut terdapat pada bagian 1.5.1 Honorarium Tim Pelaksanaan Kegiatan yang menyebutkan ketentuan pemberian honor Pengarah, Penanggung Jawab, Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Anggota dilakukan per bulan dan masing-masing jabatan dengan beberapa nominal yang berbeda.

  • Bagikan