RajaBackLink.com

Tambak Udang Meresahkan Masyarakat, Warga Kepanjen Memohon Kepada Pemkab Jember

  • Bagikan
Tambak Udang Meresahkan Masyarakat, Warga Kepanjen Memohon Kepada Pemkab Jember
Tambak Udang Meresahkan Masyarakat, Warga Kepanjen Memohon Kepada Pemkab Jember
Promo Kosmetik Murah di Shopee

Laros Media – Para nelayan Desa Kepanjen, Gumukmas beraudiensi ke Bupati Jember Hendy Siswanto dan Wakil Bupati MB Firjaun Barlaman, Sabtu 11 Agustus 2021 di Pendopo Wahyawibawagraha.

Bersatu menamakan dirinya Kelompok Perjuangan Mayarakat Kepanjen (KPMK), mereka mengadukan tambak udang vaname di pesisir Kepanjen yang menyebabkan pencemaran laut dan merugikan nelayan.

Kepala Dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu Jember Arief Tjahjono menegaskan, dari sejak dilantik 26 Februari 2021, Bupati Hendy Siswanto tidak pernah menandatangani izin usaha tambak di pesisir selatan Kabupaten Jember, Jawa Timur.

“Selama Bapak Bupati memimpin Kabupaten Jember, Bapak Bupati tidak pernah mengeluarkan izin tambak. Kalau ada yang membolak-balikkan fakta, bilang Pak Bupati mengeluarkan izin tambak dan sebagainya berarti fitnah,” tegas Arief.

Baca Juga: Masuk PPKM Level II, Bupati Jember Izinkan Mall dan Tempat Wisata Dibuka Kembali

Total Ada 18 Tambak di Kepanjen

Sementara itu, informasi dari Camat Gumukmas Bobby Ari Sandi, di Gumukmas ada dua tambak yang memiliki HGU (Hak Guna Usaha). Satu tambak berdiri di Desa Mayangan sejak 1988, dan satu lagi dibuka pada 2017 yang saat ini dalam proses penambahan lahan.

“Ada pula 16 tambak lagi yang dikelola warga secara perorangan. Kata mereka, selama ada izin dari desa, kami akan terus menambak udang,” kata Bobby.

Di sebelah Selatan Jalur Lintas Selatan (JLS), tambah Camat Bobby, ada beberapa bidang tambak ber-Sertifikat Hak Milik (SHM).

Dilansir Laros Media dari gambar BPN (Badan Pertanahan Nasional), belum masuk sempadan (pantai). Tapi, tambak itu betul ada di bibir pantai, sebab tidak tertutup kemungkinan area depan ber-SHM itu dibeli dan dijebol sampai kena sempadan pantai.

Baca Juga: Status PPKM Level 2, Karaoke di Jember Sudah Mulai Beroperasi Hanya Sampai Pukul 22.00

  • Bagikan